Kumpulan Cerpen Terbaik Karya Penulis Muda Indonesia.

THE SILENCER

THE SILENCER

Berbaring... Duduk... Berdiri... Dan berbaring kembali. Hanya itu yang bisa dilakukan Soni di kamarnya. Entah kenapa mendung di pagi itu membuatnya begitu diam, tanpa sedikit katapun terucap dari mulutnya. Sesekali ia memutar beberapa lagu di mp3 playernya untuk sekedar memecah kemuraman pagi itu, namun usaha itu tidak cukup berhasil membuka gembok mulutnya yang terus tertutup rapat. Pikirannya sedang kalut. Hatinya masih mencari pembenaran atas apa yang dia yakini terhadap rasa sayangnya pada beberapa gadis yang ia kenal.

Ia lelah...

Soni kemudian kembali berbaring. Ia mencoba menenangkan pikirannya. Tatapannya lurus menatap atap kamarnya yang putih. Polos. Dalam kepolosan atapnya itu ia membayangkan sedang melukis sebuah wajah dengan cat hitam. Wajah seorang gadis dengan sedikit lesung pipi. Wajah itu ia kenal dari sebuah pertemuan di salah satu kegiatan kampus. Dia tidak mengelak bahwa wajah itu sangat cantik. Namun kecantikannya hanya sebatas menembus matanya, tidak sampai pada organ penting dalam tubuhnya, hati. Mulutnya nampak seperti sedang menyebutkan sebuah nama, tanpa bersuara.

Kemudian Soni duduk. Matanya kembali mendapati sebuah kanvas polos, tembok kamarnya. Ia ingin mengecat tembok hijau polosnya itu dengan warna kesukaan seorang gadis lain yang tidak kalah cantiknya, warna merah menyala. Tapi ia sadar tidak ada cat warna merah itu di rumahnya. Dia tidak ingin bersengaja keluar rumah hanya untuk membeli sekaleng cat warna merah menyala. Akhirnya dia kembali membayangkan dirinya sedang mengecat tembok kamarnya. Wajah gadis itu begitu jelas terpampang di depan matanya. Alisnya sedikit tebal, matanya sedikit sipit dihiasi bulu mata yang lentik. Hal itu semakin membuat Soni ingin mengecat tembok kamarnya itu dengan puasnya. Tapi anehnya, setiap kali dia menggoreskan koas dengan lumuran cat merah menyala di tembok itu, matanya hanya melihat warna lain, hitam. Mulutnya kembali menyebut sebuah nama, dan tetap tanpa suara.

Nampaknya usahanya menenangkan diri belum begitu berhasil. Soni bangkit dari duduknya dan melangkah mendekati jendela. Langkahnya tertahan saat dia melihat sekeliling kamarnya. Soni mengedarkan pandangannya ke seluruh ruangan. Ia mendapati semua benda di kamarnya tak ubahnya seperti dirinya, bisu. Dia selalu membandingkan dirinya dengan benda benda itu. Sepertinya kebisuannya pun tak akan pernah berujung. Pembenaran yang dia cari cari masih tetap menemui jalan buntu. Masih tetap melihat warna yang sama, hitam. Apakah hanya warna itu saja yang mampu dia lihat? Kemana warna warna lainnya? Dia merindukan warna putih, hijau, kuning dan warna lainnya. Selama ini warna warna itu hanya terlihat dari kejauhan dan tampak buram. Jauh dan semakin jauh.

Soni kembali melangkah. Pelan dan sedikit dipaksakan...

Matanya mendapati sesuatu di luar sana. Sesuatu yang indah. "Hey, apa itu?" Benaknya bertanya. Melalui jendelanya ia mendapati seorang gadis yang sedang duduk manis di sebuah kursi di beranda rumah gadis itu. Saat ia melihat gadis itu matanya menangkap warna warni dengan begitu jelas. Tidak ada sedikitpun warna yang pudar dalam pandangannya. Gadis itu begitu berwarna dan begitu terang. Satu hal yang tidak dia temui dari gadis-gadis lainnya. Seketika senyum Soni merekah, mengisyaratkannya terbebas dari kemuramannya.

Kebisuannya berakhir. Dengan jelas Soni menyebut sebuah nama yang ia sebut sebut dari tadi...

"Dira..."

Dira memalingkan wajahnya ke arah Soni. Cahaya warna warninya berpendaran menghiasi seluruh tubuhnya. Ia membalas senyuman Soni dengan senyuman yang begitu lepas dan indah. Sesaat dia merasakan sedang berada di suatu tempat yang indah. Suatu tempat dengan langit cerah berhiaskan pelangi memanjang di sekitarnya. Sebidang tanah dengan rumputnya yang hijau bersih. Ia bahkan bisa mendengar suara gemericik air mengalir dari sungai kecil yang tidak jauh dari sana. Airnya begitu segar dan jernih. Begitupun dengan udaranya. Tidak jauh dari sana, Dira sedang berdiri menatap Soni dengan senyumannya.

Sesaat lamanya Soni merasa damai, tenang dan tanpa beban. Tidak ada kekalutan sedikitpun terselip dalam dirinya. Kehadiran sosok Dira dalam bayangannya selama ini selalu membuatnya merasa demikian. Dia tidak akan melupakan Dira, setidaknya untuk saat ini. Bayangannya terpatri kuat dalam hatinya. Semua warna warninya akan tetap terlihat dengan jelas dan terang. Semua kata-katanya akan melekat kuat dalam memorinya.

Dalam bayanganya, Soni memegang tangannya dan meletakkan telapak tangannya di dada Soni.

Kemudian dengan lembut Soni berbisik pada Dira...

"Dira..."

"Semoga engkau selalu tenang di alam sana. Tetaplah sinari hariku dengan warna dan senyummu".
***


(Hasanuddin. Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung Semester 1)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Cerpen Pilihan dengan judul THE SILENCER. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://cerpen.gen22.net/2011/12/silencer.html. Terima kasih!

Beri komentar untuk THE SILENCER

Ditulis oleh: Lukas Gentara - Tuesday, December 6, 2011

5 komentar untuk "THE SILENCER"

Hong Zhang said...

Shiny sorts of gucci replica Cartier Duplicate Watches can be begin in balmy and active colours fashionable in appearance and absorbing for the louis vuitton replica others. Such sorts of Cartier Duplicate Watches are adopted mostly in night. Humans use such ablaze Cartier Reproduction Watches will attending actual elegant. Nowadays Cartier Replica Watches are beautiful and can be begin in altered colors. Academic appearance Cartier Reproduction Watches are for all but abode workers like it more. Youll be able to baddest black, amber and white which can be acclimated with replica watches about all occasions. Academic Cartier Ballon Bleu Replica are accessible in a advanced variety. Yow will ascertain absolutely altered amount ranges for replica handbags the academic Cartier Duplicate Watches according to the quality. Academic purses are bout for all the occasions. You should buy academic Cartier Reproduction Watches with affordable account now. Informal styles are for replica chanel accidental wear. You can use it if you are traveling for shopping.Luxury beautiful Cartier Duplicate Watches usually are not absolutely accepted and bargain for everyone. Such Cartier Reproduction Watches are accessible in around all the colors. Luxurious Cartier Replica Watches are broadly acclimated in night get tog ethers, birthdays, anniversaries and alliance commemoration ceremonies

Chenzhen 20160303chenzhen said...

kate spade uk
michael kors outlet online
birkenstock uk
coach outlet store
michael kors uk
instyler max
buy red bottoms
adidas superstar white
discount nike air max
toms outlet
michael kors handbags
louboutin shoes
nike free flyknit 3.0
kobe 11
fitflops
polo ralph lauren men
reebok outlet store
michael kors canada
louis vuitton outlet online
oakley sunglasses outlet
nike air force black
michael kors outlet store
cheap ray bans
christian louboutin outlet
coach outlet store
hermes belt
nike free flyknit 5.0
pandora jewelry
kate spade outlet
mlb jerseys wholesale
ray bans
ralph lauren
polo ralph lauren
christian louboutin outlet
burberry outlet
birkenstocks
nike free runs
michael kors outlet
nike free 5.0
coach outlet online
chenzhen201664

chenlina said...

oakley sunglasses outlet
louis vuitton outlet
timberland boots
mbt shoes
jordan 8
fitflops
instyler curling iron
ralph lauren
supra shoes
louis vuitton outlet
cheap oakley sunglasses
adidas shoes
uggs pas cher
seattle seahawks jerseys
louis vuitton outlet
ugg uk
celine handbags
fitflop sandals
michael kors outlet clearance
ugg outlet
ralph lauren clearance
michael kors handbags
ugg boots
jordan shoes
ray ban sunglasses
ugg slippers
louis vuitton outlet
kate spade outlet
canada goose jackets
christian louboutin sale
kevin durant shoes
hollister clothing
red bottom shoes
adidas originals shoes
ugg boots uk
pittsburgh steelers jerseys
canada goose jackets
coach outlet
ray ban sunglasses
louis vuitton
chenlina20160822

Outlet Wade said...

http://www.adidasnmdshoesoutlet.com
fitflop outlet
ray ban sunglasses
cheap ray bans
ray ban outlet
oakley sunglasses
Michael Kors Sunglasses
cheap oakley sunglasses
http://www.sunglassshopinc.com
oakley outlet
mbt shoes sale
mbt shoes for men
mbt Shoes
cheap mbt shoes
fitflops on sale
mbt
fitflops
fitflops sale
fitflops sandals
fitflop shoes
fitflop sandals
fitflop sale

John said...

red bottom
canada goose jackets
air max
sac longchamp
ralph lauren outlet
adidas superstar shoes
michael kors
michael kors outlet store
mbt
uggs
2017223yuanyuan

My Blog List

My Blog List

My Blog List

My Blog List

  • Drama Korea Terbaru: Beloved - [image: Drama Korea Beloved] *Sinopsis Drama Korea Beloved:* Drama Korea yang satu ini diadaptasi dari novel Jepang karya penulis Hisashi Nozawa. Beloved me...
    5 years ago